RPP Matematika kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 1

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan maslah

Kompetensi Dasar

Melakukan operasi bilangan bulat dan pecahan

Indikator

  1. Memberikan contoh bilangan bulat
  2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  3. Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran
  4. Menghitungan kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat
  5. Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal, person dan permil
  6. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lainnya
  7. Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan

Alokasi Waktu           : 7 x petermuan (14 Jam Pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

  1. B.     Materi Pembelajaran
    1. Bilangan bulat
    2. Bilangan pecahan
    3. C.    Metode Pembeajaran

Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan

 

 

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan (5 menit)
    1. Tanya jwab tentang himpunan bilangan bulat dan bilangan pecahan
    2. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompoknya siswa:

  1. Memberikan contoh bilangan bulat
  2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  3. Mempresentasikan hasil diskusi
  4. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  5. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  6. Penutup (kegiatan akhir)

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Melakukan operasi tambahan, kurang, kali dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Memberi kesimpulab dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa

  1. Menghitung kuadrat dan pangkat bilangan bulat
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-5

1. Pendahuluan

Informasi singkat tentang materi pembelajaran

Tanya jawab materi terdahulu

Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal dan permil
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas

3. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-6

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-7

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menyelesaikan operasi bilangan tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil Tanya jawab
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum dimengerti
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Gambar thermometer
    2. Model garis bilangan/mistar hitung
    3. LKS
    4. Buku paket matematika kelas VII semester I
    5. F.     Penilaian

Teknik tes  : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

Pertemuan Ke-2

 

Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut

Pertemuan Ke-3

Hitunglah:

  1. 62 – 125 = ….
  2. (4 + 5) x 2 = ….
  3. (-36) : 4 = ….
  4. 8 x (-4) = ….
  5. -15 + 5 = ….

Pertemuan Ke-4

Berapakah:

 

22 = ….

32 = ….

52 = ….

43 = ….

23 = ….

= ….

= ….

= ….

= ….

= ….


Pertemuan Ke-5

Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata, masing-masing anak memperoleh …. bagian

Setengah bagian hasil panen di berikan kepada kakaknya, bagian kakak kalau dinyatakan dalam persen adalah …. %

Pertemuan Ke-6

  1. Ubahlah dalam bentuk decimal
    1. = ….
    2. = ….
    3. = ….
    4. = ….
    5. = ….
    6. Ubahlah dalam bentuk persen (%)

= ….

= ….

= ….

= ….

= ….

Pertemuan Ke-7

Hitunglah:

= ….

= ….

2,5 + 3,75 = ….

21,2 – 9,85 = ….

= ….

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 2

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan maslah

Kompetensi Dasar

Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

Indikator

  1. Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat
  2. Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
  3. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari

Alokasi Waktu           : 5 x pertemuan (10 jam pelajaran)

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menggunakan sifat-sifat operasi bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

  1. B.     Materi Pembelajaran
    1. Bilangan bulat
    2. Bilangan pecahan
    3. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat
  2. Mempresentasikan hasil diksui
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang kali, atau bagi pada bilangan pecahan
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. LKS
    2. Buku paket matematika kelas VII semester I
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

  1. Isilah titik-titik dibawah ini:
    1. 9 + 6 = ….
    2. 6 + 9 = ….

jadi 9 + 6 = …. + ….

  1. Isislah titik-titik berikut:
    1. 3 x (5 x 4) = ….
    2. (3 x 5) x 4 = ….

Jadi 6 – 4 = (…. x ….) x ….

  1. Jawablah:
    1. 6 – 4 = ….
    2. 6 + (-4) = ….

Jadi 6 – 4 = …. + (….)

Pertemuan Ke-2

  1. Salin isilah tabel berikut

a

b

c

a + b

b + c

(a + b) + c

a + (b + c)

-4

7

9

-6

-10

6

-5

4

-3

4

8

3

-4

5

-8

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

….

 

  1. Hitunglah dengan menggunakan sifat komutatif dan sifat asosiatif (-25) x 76 x 40 !
  2. Gunakan sifat –sifat operasi pengurangan untuk menyelesaikan soal berikut:
    1. 17 – (-10)
    2. -18 – 12
    3. -14 – (-17)
    4. -36 – (-13)

 

 

Pertemuan Ke-3

Selesaikan soa-soal berikut ini:

a.                      b.              c.     d.

Pertemuan 4

  1. Selesaikan dengan menggunakan sifat distribusi
    1. (38 x 85) + (38 x 15)
    2. (72 x 69) + (72 x 31)
    3. Hitunglah

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 3

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar

Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

Indikator

Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, factor, suku dan suku sejenis

Alokasi Waktu           : 1 x pertemuan (2 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

  1. B.     Materi Pembelajaran

Bentuk aljabar

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan
      1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
      2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
      3. Kegiatan inti
        1. Menjelaskan pengertian variabel, kontanta, faktor, suku dan suku sejenis
        2. Mempresentasikan hasil diskusi
        3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
        4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas

 

  1. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

Contoh Instrumen

  1. Dari bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan menakah yang merupakan konstanta?
  2. Tentukan banyak suku setiap bentuk aljabar berikut:
    1. -6a + 8b
    2. 5m2 + 7m + 9
    3. 10p – 6q – 3pq
    4. 4mn + 7km + 2kn – 5
    5. Sebutkan suku-suku yang sejenis dari bentuk aljabar berikut:
      1. 6a – 7a + 3a
      2. –k + 6k + 4m
      3. 8m + 2n – m + m
      4. 2p – 3q + 4p + 3pq
      5. Sebutkan semua faktor yang mungkin dari bentuk aljabar berikut:
        1. 10a
        2. 9m
        3. 15g
        4. 14y
        5. 16n
        6. 32p

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 4

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar

Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Indikator

  1. Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
  2. Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Alokasi Waktu           : 6 x pertemuan (12 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat melakukan operasi pada bentuk aljabar

  1. B.     Materi Pmbelajaran

Bentuk aljabar

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, Tanya jawab, diskusi, penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pemebalajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Melakukan operasi hitung, tambah dan kurang pada bentuk aljabar
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pemebalajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Melakukan operasi hitung kali dan bagi pada bentuk aljabar
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan

a. Informasi singkat tentang materi pembelajaran

b. Tanya jawab materi terdahulu

c. Menyampaikan tujuan pemebalajaran

  1. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menerapkan operasi hitung tambah dan kurang pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil dikusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pemebalajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menerapkan operasi hitung kali dan bagi pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil dikusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-5

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pemebalajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

 

Pertemuan Ke-6

1. Pendahuluan

  1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
  2. Tanya jawab materi terdahulu
  3. Menyampaikan tujuan pemebalajaran

2. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas

3. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Model ubin aljabar
    2. LKS
    3. Buku paket matematika kelas VII semester I
    4. F.     Penilaian

Teknik tes  : Tertulis

Bentuk tes : Uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

  1. Tentukan jumlah dari 3a – 5b dan –a – 9b
  2. Kurangkan -7x + 6y dari 8y – y
  3. 2x + 3 + 5x – 6
  4. (4x – 5) – (2x + 3)
  5. 5x + 2x – y

Pertemuan Ke-2

  1. Tentukan hasil dalam bentuk yang lebih sederhana
    1. 3 x u x 7 x t
    2. 3a x 7b
    3. (4x – 1) (-2y + 5)
    4. -25p x
    5. Tuliskan hasilnya dalam bentuk yang paling sederhana
      1. Sederhanakanlah!
        1. (b3)4
        2. (d2)5

Pertemuan Ke-3

Sederhanakan soal berikut:

  1. 2x + 4x – 3x
  2. 10y – (-3y) – 7y

Pertemuan Ke -4

  1. -2p ● (-3p)
  2.  10z : 5z + 2z

Pertemuan Ke-5

Sederhanakan soal-soal berikut:

a.           b.

Pertemuan ke-6

Lima karung masing-masing berisi (3y + 5) kg beras dan tiga karung masing-masing berisi (y + 2) kg tepung terigu. Berapa kg jumlah berat seluruh bahan pokok tersebut?

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 5

 

Sekolah                       : MTsN Raba Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar

Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

Indikator

  1. Mengidentifikasikan persamaan linear satu variabel (PLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas  ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
  3. Menentukan penyelesaian PLSV

Alokasi Waktu           : 4 x pertemuan (8 jam pelajaran)

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan persamaan linear satu variabel

  1. B.     Materi Pembelajaran

Persamaan linear satu variabel

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi, ceramah, diskusi, Tanya jawab dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi dengan bilangan yang sama
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menentukan penyelesaian PLSV
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : Tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

  1. Manakah yang merupakan PLSV?
    1. 2x = 5
    2. 5y
    3. 9g – 4 = 10
    4. 6 – 5m = 2

Pertemuan Ke-2

  1. Apakah persamaan d – 7 = 10 setara degan d – 7 + 7 = 10 + 7 jelaskan !
  2. Diantara persamaan-persamaan berikut, manakah yang setara:
    1. x – 4 = 7 dan x – 4 + 4 = 7
    2. y + 3 = 1 dan y + 3 – 3 = 1 – 3
    3. -10 = -t + 3 dan -10 + t = -t + t + 3

Pertemuan Ke-3

Persaman-persamaan berikut manakah yang setara?

  1. 3a = 6 dan
  2. 7m = 21 dan
  3. dan

Pertemuan Ke-4

  1. Tentukan penyelesaian persamaan berikut:
    1. m + 10 = 15
    2. y + 4 = 17
    3. 2y = y + 4
    4. t + (-2) = -15
    5. z + 5 = -21
    6. Tentukan penyelesaian dari persamaan

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 6

 

Sekolah                       : MTsN Raba Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi Dasar

Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel

Indikator

  1. Menjelaskan pertidaksamaan linear satu variabel (PTLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Menentukan bentuk setara dari PTLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
  3. Menentukan penyelesaian PTLSV

Alokasi Waktu           : 4 x pertemuan (8 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel

  1. B.     Materi Pembelajaran

Pertidaksamaan linear satu variabel

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tenang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Kegiatan inti

Bersama kelompok siswa:

  1. Menjelaskan pertidaksamaan linear satu variabel (PTLSV) dalam berbagai bentuk dan variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menentukan bentuk dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi dengan bilangan yang sama
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

 

 

  1. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan kedua ruas dikalikan atau dibagi denganbilangan yang sama
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawa tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menentukan penyelesaian PtLSV
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh Instrumen

 

 

Pertemuan Ke-1

  1. Manakah yang merupakan PtLSV ?
    1. 3a + 5 > 2
    2. -4h + 4 £ 5
    3. 8x – 7 = 10
    4. 5y ³ 10
    5. –p = -5
    6. Apakah 3x + 7 £ 2x merupakan PtLSV? Jelaskan

Pertemuan Ke-2

  1. Apakah pertidaksamaan berikut setara:

3m – 5 > 10 dan 3m – 5 + 5 > 10

  1. Pertidaksamaan berikut manakah yang setara:
    1. a + 7 £ 8 dan a + 7 – 7 £ 8 + 7
    2. 4 – b > 12 dan 4 – 4 – b > 12 – 4
    3. 8 + d < -2 dan d < -10

Pertemuan Ke-3

Apakah pertidaksamaan ini setara? jelaskan

  1. 3y > 9 dan
  2. -2m < 8 dan

Pertemuan Ke-4

  1. Tentukan penyelesaian dari 6a + 8 £ 20
  2. Tentukan penyelesaian pertidaksamaan , kemudian gambar grafiknya.

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 7

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar

Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Indikator

  1. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
  2. Mengubah maslah kedalam model matematika berbentuk pertidaksaman linear satu variabel

Alokasi Waktu           : 2 x pertemuan (4 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidak samaan linear satu variabel

  1. B.     Materi Pembelajaran

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

  1. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Mengubah maslah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknis tes  : tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh Instrumen

 

Pertemuan Ke-1

  1. Nyatakanlah kedalam model matematika

Dian membeli 3 kg gula pasir, dia membayar dengan selembar uang Rp. 20.000 dan menerima kembalian  sebesar Rp. 3.500,00-

  1. 5 tahun lagi umur Ratna menjadi 17 tahun, dengan memisahkan umur Ratna adalah P, bentuklah kalimat tersebut ke dalam model matematika.

Pertemuan Ke-2

  1. Tinggi badan untuk calon terutama serendah-rendahnya adalah 165 cm. Buatlah kalimat matematika dengan variabel x
  2. Nyatakanlah ke dalam model matematika

Umur itu 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun.

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 8

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Indikator

  1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
  2. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Alokasi Waktu           : 2 x pertemuan (4 jam pelajaran)

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

  1. B.     Materi Pembelajaran

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan  Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi pembelajaran
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaransikan hasil diskusi
    4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
    5. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas akhir

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh instrument

 

Pertemuan Ke-1

  1. Siswa kelas VII berjumlah 36 orang. Siswa yang mengikuti pelajaran sebanyak x orang, bentuklah persamaan dalam variabel x. Hitunglah nilai x berapa siswa yang tidak mengikuti pelajaran?
  2. Surya membeli 2 buku, uang surya sepuluh ribuan, dan dia mendapatkan uang kembali sebesar Rp. 4.000,00-. Berapa harga 1 buku?

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 9

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar

Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana

Indikator

  1. Menghilang nilai keseluruhan, nilai perunit dan nilai sebagian
  2. Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

Alokasi Waktu           : 3 x pertemuan (6 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.

  1. B.     Materi Pembelajaran

Perbandingan dan aritmatika sosial

  1. C.    Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menemukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual dan harga beli dalam kegiatan ekonomi
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat tentang materi pembelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menentukan rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alat dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknik tes  : tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

  1. Harga 1 lusin pensil adalah Rp. 18.000,00
    1. Berapakah harga 1 buah pensil?
    2. Berapakah harga 5 buah pensil?
    3. Seorang pedagang membeli  ton gula pasir dengan harga Rp. 4.200.000,- berapakah harga gula pasir:

a. 1ton                                     b. 1 kg

Pertemuan Ke-2

  1. Seorang pedagang membeli 10 pasang sepatu dengan Rp. 350.000,- karena kurang laku setiap pasang sepatu dijual dengan harga Rp. 33.000,- perpasang. Berapakah harga jual sepatu dan berapakah kerugian yang di alami oleh pedagang tersebut?
  2. Pak Rudi membeli lemari es seharga Rp. 1.500.000,- kemudian dijual seharga Rp. 1.800.000,-. Nyatakan laba atau ruginya dalam persen?

Pertemuan Ke-3

  1. Pak Bondan membeli seperangkat computer dengan harga Rp. 5.300.000,- karena pak Bondan membayar tunai, maka took memberi rabat 10%
    1. Berapa rupiah Pak Bondan mendapat rabat?
    2. Berupa rupiah Pak Bondan harus membayar?
    3. Seorang siswa menabung uang sebesar Rp. 2.000.000,- di Bank Andalas dengan bunga 8% pertahun. Tentukan bunga pada:
      1. Akhir tahun pertama
      2. Akhir tahun kedua
      3. Akhir bulan ketiga

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor: 10

 

Sekolah                       : MTsN Raba Kota Bima

Kelas/Semester            : VII / I

Mata Pelajaran            : Matematika

 

Standar Kompetensi

Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidak samaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar

Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Indikator

  1. Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
  2. Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
  3. Memeberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan terbalik harga (nilai)

Alokasi Waktu           : 4 x pertemuan (8 jam pelajaran)

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

  1. B.     Materi Pembelajaran

Perbandingan

  1. C.    Metode Pembelajaran

Kombinasi ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

  1. D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat materi pembelajaran
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarika kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Kelompok Ke-2

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat materi pembelajaran
    2. Tanya jawab tentang materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar skala
  2. Memprrsentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan inti

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-3

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat materi pelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Memberi contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas

 

  1. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

Pertemuan Ke-4

  1. Pendahuluan
    1. Informasi singkat materi pembelajaran
    2. Tanya jawab materi terdahulu
    3. Menyampaikan tujuan pembelajaran
    4. Kegiatan inti

Bersama kelompok

  1. Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai)
  2. Mempresentasikan hasil diskusi
  3. Menarik kesimpulan dari hasil diskusi
  4. Tanya jawab tentang hal yang belum jelas
  5. Kegiatan akhir

Siswa diberi tugas individu

  1. E.     Alan dan Sumber Belajar
    1. Buku paket matematika kelas VII semester I
    2. LKS
    3. F.     Penilaian

Teknk tes   : tertulis

Bentuk tes : uraian

Contoh Instrumen

Pertemuan Ke-1

Suatu peta berskala 1 : 50.000

  1. Jika jarak sebenarnya antara kota M dan kota N adalah 2,6 km, maka berapakah jarak antara kedua kota tersebut dalam peta?
  2. Jika jarak kota P dan kota Q pada peta adalah 6 cm, berapakah jarak sebenarnya kedua kota itu?

 

 

Pertemuan Ke-2

Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm, maka berapakah faktor pengecilannya?

Pertemuan Ke-3

  1. Kalau sebuah pensil harganya Rp. 200,- maka 5 buah pensil harganya Rp. 10.000,- pernyataan tersebut merupakan perbandingan senilai atau perbandingan berbalik nilai? Jelaskan!
  2. Berikan contoh perbandingan berbalik nilai?

Pertemuan Ke-4

  1. Sebuah mobel membutuhkan 40 liter bensin untuk menempuh jarak 456 km. Berapa literkah bensin yang dibutuhkan  untuk menempuh jarak 684 km?
  2. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 4 orang dalam waktu 9 hari supaya pekerjaan dapat selesai dalam 6 hari, berapa orang yang dibutuhkan?

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Raba Kota Bima

Drs. Hasan, M.Si

NIP. 19641231 2005011 013

Kota Bima,    Juli 2011

Guru Mata Pelajaran

Baharuddin, S.Pd

NIP. 19780725 200604 1 016

 

 

 

Baharudin (MTsN Raba Kota Bima)

Tinggalkan komentar